7 Tips Merawat Wiper Agar Berfungsi Maksimal di Musim Hujan
0 Comments

Harga Kijang – Berkendara di tengah kondisi hujan deras jadi cukup membahayakan karena jarak pandang yang terbatas akibat derasnya hujan. Supaya tetap aman berkendara, jangan lupa untuk merawat wiper agar bisa berfungsi maksimal.

Bagaimana cara merawat wiper mobil Anda? Mudah kok, mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini:

 

1. Menjaga Elastisitas Karet Wiper

Selain terdiri dari rangka besi, wiper juga memiliki bagian yang terbuat dari material karet. Bagian inilah yang memiliki fungsi untuk menghalau air hujan menutupi kaca mobil. Supaya bagian itu tetap terjaga, jangan terlalu sering memarkirkan mobil Anda di tempat yang sangat panas. Panasnya matahari akan diserap oleh kaca mobil dan berdampak pada karet wiper.

Jika mobil terus-terusan terkena panas, karet tersebut pun akan semakin cepat mengering dan pecah. Oleh karena itu, saat Anda memarkirkan mobil di tengah cuaca panas, ada baiknya mengganjal atau mengangkat wiper selama ditinggalkan. Hal ini dapat mencegah panas dari kaca mengenai karet secara langsung.

 

2. Berhati-hati Saat Mencuci Wiper

Saat mencuci mobil, bagian wiper pun biasanya tak terlewatkan untuk dibersihkan. Ternyata Anda harus hati-hati saat membilas bagian karetnya, sebab pada permukaan karet wiper terdapat cairan khusus yang berfungsi sebagai pelindung serta pelembap.

Cara mencuci dan merawat wiper yang benar adalah, jangan bilas karet wiper dengan sabun cuci mobil. Cukup siram dengan air bersih saja dan jangan lap permukaan karetnya. Biarkan air mengering sendiri dengan menegakkan wiper setelah dicuci.

 

3. Cek Kondisi Poros Wiper

Selain bagian karet, poros wiper pun perlu Anda perhatikan! Berikan pelumas pada bagian poros wiper secara berkala untuk mencegah aus. Hal ini dilakukan agar perputaran wiper untuk menyapu air dan kotoran pada kaca saat musim hujan jadi tak terhambat.

 

4. Isi Cairan Wiper

Di dalam ruang mesin terdapat satu tangki khusus untuk cairan pembersih kaca mobil, yang pada umumnya diisi dengan air biasa. Ada baiknya bila Anda mengisi tangki tersebut dengan cairan pembersih khusus yang ditambah dengan air.

Cairan pembersih kaca mobil biasanya memiliki kandungan yang membuat kaca mobil menjadi licin. Potensi tersendatnya kerja wiper akibat permukaan kaca yang kesat pun jadi minim. Bukan hanya membuat wiper tidak mudah rusak, cairan ini pun dapat membuat kaca terlindungi dari goresan wiper.

Baca Juga: Promo Showroom Mazda Grogol Terbaru September 2019

 

5. Ganti Wiper Secara Rutin

Lakukan pengecekan menyeluruh kondisi wiper secara rutin, jika wiper sudah mulai berdecit saat digunakan atau karet terlihat getas, mungkin sudah waktunya Anda mengganti wiper dengan yang baru.

Pada umumnya, karet wiper perlu diganti setiap 1 tahun sekali, tergantung pemakaian. Anda perlu perhatikan apakah hanya karet nya saja perlu diganti, atau dudukan nya juga perlu diganti juga. Pastikan memilih wiper yang cocok dengan jenis mobil Anda karena setiap mobil memiliki ukuran wiper yang berbeda-beda.

 

6. Cek Masa Kepantasan Wiper

Masa kepantasan penerapan wiper memang salah stu hal yang tak boleh anda lupakan ya sobat. Kenali cici – ciri wiper yang telah tak pantas gunakan lazimnya keras dan tak fleksibel dikala sedang menyapu datau membersihkan kaca mobil anda.

Karet wiper yang keras kecuali bisa menggores kaca serta meninggal bekas, juga telah tak berfungsi secara optimal dalam mengerjakan fungsinya. Hal ini bisa mengakibatkan panorama anda yang buram dan terganggu bila wiper anda telah tak pantas gunakan.

Supaya wiper mobil anda menonjol seperti baru, anda dapat mengerjakan pengecatan ulang pada karet maupun besi wiper anda anda. Ini salah satu metode supaya wiper anda menjadi awet. Yuk kita coba sobat.

Sebagus apa saja bagian mobil anda, dan semahal apa saja itu, namun bila tak dijalankan perawatan rutin karenanya percuma saja anda membelinya dengan harga mahal. Sebab pada dasarnya perawatanlah yang sungguh-sungguh diperlukan untuk menjaga keawetan bagian hal yang demikian.

 

7. Amati Semprotan Air Wiper

Metode merawat wiper mobil selanjutnya yaitu dengan melihat komponen semprotan air wiper. Kecuali karet wiper yang anda perharikan tadi, jangan lupa juga untuk melihat atau mengecek situasi semprotan air wiper anda. Pastikan air semprotan wiper mobil anda senantiasa lancar dan pastikan arah semprotannya cocok degan yang anda inginkan.

Kalau semprotan wiper mobil anda macet, anda dapat membenarkannya sendiri dengan menggunkaan jarum pentul, untuk membersihkan saluran air dalam semprotan wiper hal yang demikian sekalian anda bisa menyetel ulang arah semprotan air hal yang demikian cocok dengan arah yang anda kehendaki.

Untuk membersihkan karet wiper pada mobil, sebaiknya pakailah cairan khusus pembersih wiper mobil yang dapat anda peroleh di warung atau supermarket yang memasarkan aksesoris mobil.

Demikian lah 7 tips memaksimalkan fungsi wiper di kala musim hujan datang. Semoga artikel ini membantu. Sekian dan terima kasih.

 

Artikel Menarik LainnyaTiga Metode Merawat Mesin Mobil Tua

Author

stefan@rajamobil.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *